10 Jenis Perlombaan Meriah 17 Agustus-an

Sekali merdeka tetap merdeka…

Selama Hayat masih di kandung badan…

Dua bait lagu yang berjudul 17 Agustus tahun 45 yang selalu dinyanyikan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI diatas pastinya sudah sangat melekat di telinga kita. Semangat perjuangan para pahlawan, menjadi sejarah yang tidak bisa terlupakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Untuk mengingatnya, setiap tahun kita selalu merayakan HUT Kemerdekaan RI dengan meriah dan penuh suka cita. Tak terasa besok tanggal 17 Agustus tahun 2015, kita akan merayakan HUT Kemerdekaan RI yang ke 70 tahun.

Salah satu cara dalam merayakannya adalah dengan mengadakan perlombaan yang seru dan unik. Perlombaan bisa diikuti oleh anak-anak laki-laki dan perempuan bahkan orang dewasa bapak-bapak dan ibu-ibu. Adapun beberapa jenis perlombaan meriah 17 Agustus-an itu adalah sebagai berikut:

  1. Lomba Lari Balap Karung

lomba balap karungLomba lari balap karung merupakan perlombaan yang selalu ada pada peringatan 17 Agustus-an. Perlombaan tradisional ini dilakukan dengan cara kedua kaki dimasukkan ke dalam karung goni, lalu peserta berlari dari garis start hingga mencapai garis finish. Tak jarang banyak yang berjatuhan di tengah jalan. Siapa yang berhasil mencapai garis finish itulah pemenangnya.

  1. Lomba Makan Kerupuk

lomba makan kerupukLomba makan kerupuk merupakan lomba yang hampir tidak pernah absen pada tiap tahunnya. Lomba ini dilakukan dengan mengikat dan menggantungkan kerupuk pada tali rafia. Tangan peserta diikat dibelakarng, agar tidak bisa memegang kerupuk. Peserta hanya boleh menyentuh dan memakan kerupuk dengan menggunakan kepala dan mulut. Siapa yang duluan habis kerupuknya, dialah yang menjadi pemenang.

  1. Lomba Panjat Pinang

lomba panjat pinangJenis lomba 17 Agustus yang paling sulit adalah lomba panjat pinang. Meskipun sulit perlombaan ini tetap banyak peminatnya. Sulitnya perlombaan ini karena peserta harus memanjat pohon pinang yang tinggi yang telah dilumuri dengan oli. Lomba ini biasanya diikuti oleh laki-laki baik anak-anak maupun orang dewasa secara beregu atau berkelompok. Di ujung pohon pinang disediakan berbagai macam hadiah yang cukup menarik. Seperti ember, sandal, peralatan masak, pakaian, bumbu dapur, juga ada yang mendapat sepeda. Siapa yang dapat mencapai puncak dan dapat mengambil hadiah diujung atas pohon merekalah pemenangnya.

  1. Lomba membawa kelereng di atas sendok

lomba membawa kelereng diatas sendokLomba membawa kelereng diatas sendok adalah lomba balapan selain balap karung. Peserta berusaha membawa kelereng dengan sendok yang diemut dengan gigi dan mulut, dari garis start hingga garis finish. Pelombaan ini agak sulit karena harus menggunakan keseimbangan dan ketangkasan. Peserta yang kelerengnya jatuh ditengah jalan maka dia akan gugur. Peserta yang lebih dulu mencapai garis finish dialah yang menang.

  1. Lomba ngambil koin dari buah semangka atau pepaya yang dilumuri arang atau coklat

lomba gigit koin di pepayaLomba 17 agustus-an ini merupakan perlombaan yang dapat membuat wajah peserta menjadi kotor karena belepotan arang atau coklat. Peserta berusaha mencabut satu persatu koin yang tertancap di buah semangka atau pepaya dengan menggunakan mulut. Biasanya peserta nya berpasangan. Mereka yang paling banyak mencabut dan mengumpulkan koin itulah pemenangnya.

  1. Lomba masukin paku dalam botol

lomba memasukan paku kedalam botolLomba masukin paku dalam botol tak kalah serunya. Peserta harus berusaha memasukkan paku kedalam botol dengan cara paku digantungkan dan diikatkan di belakang pinggang dengan menggunakan tali rafia hingga menjuntai . Peserta kemudian berusaha bersusah payah memasukkan paku tersebut. Siapa yang duluan berhasil memasukkan paku itulah pemenangnya.

  1. Lomba perang bantal

lomba perang bantalLomba perang bantal biasanya dilakukan di daerah yang tempatnya tersedia parit atau kolam. Peserta terdiri atas dua orang yang duduk diatas sebatang pohon besar yang telah di lumuri dengan oli. Mereka kemudian saling memukulkan bantal kelawannya satu sama lain. Layaknya seorang petinju yang berada di ring tinju, demi keamanan peserta biasanya melindungi kepala dengan menggunakan helm tinju. Mengikuti perlombaan ini harus bisa menjaga keseimbangan. Karena hati-hati, jika tidak mampu mengimbangi peserta bisa terjatuh ketika dipukul oleh lawan karena batang pohon yang licin. Peserta yang jatuh akan kecebur kedalam parit atau kolam yang biasanya berisi kubangan lumpur. Siapa yang bertahan itulah pemenangnya.

  1. Lomba joget balon berpasangan

lomba joget dengan balon berpasanganLomba joget balon berpasangan ini diikuti oleh peserta dengan cara berpasangan. Balon diletakkan diantara kedua dahi peserta dan diapit atau dipertahankan jangan sampai jatuh. Kelihatannya lomba ini mudah. Namun sifat balon yang licin ternyata membuat balon cukup sulit dipertahankan dan bisa saja terlepas dari dahi. Untuk memerihakan lomba ini biasanya diiringi dengan musik dangdut. Peserta di perintahkan untuk mengapit balon sambil berjoget. Siapa yang balonnya tidak jatuh itulah pemenangnya.

  1. Lomba Tarik Tambang

lomba tarik tambangLomba tarik tambang merupakan lomba yang mengadu kekuatan diantara kedua tim. Dalam lomba ini diperlukan kerjasama dan pertahanan yang baik. Kekuatan kaki dan tangan sangat diperlukan dalam lomba ini. Jika tidak bisa bekerjasama dipastikan tim tersebut akan kalah dan terseret oleh tim lawan. Siapa yang mampu manarik tim lawan itulah yang menang.

  1. Lomba sepak bola memakai kain sarung

lomba-sepak-bola-sarungLomba sepak bola ini termasuk unik karena tidak seperti lomba sepak bola pada umumnya, namun aturan mainnya tetap sama. Pada perlombaan ini kedua tim di wajibkan mengenakan kain sarung ketika berlomba. Siapa yang meraih gol paling banyak itulah pemenangnya.

Nah pembaca dinanurfitri.com seru dan meriah bukan jenis perlombaan pada peringatan 17 Agustus-an? Semoga bisa menginspirasi pembaca untuk mengadakan perlombaan dilingkungan RT/RW ataupun tempat tinggal para pembaca. Selamat Merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia ke 70 tahun (17 Agustus 1945-17 Agustus 2015)!

10 Jenis Perlombaan Meriah 17 Agustus-an | admin | 4.5