Bahaya Bekerja Malam Hari Bagi Tubuh

Bahaya Bekerja Malam Hari Bagi Tubuh –  Bagi sebagaian banyak orang bekerja dimalam hari mungkin lebih menyenangkan jika dibandingkan dengan bekerja disiang hari. Selain tidak panas, bekerja dimalam hari juga suasananya lebih tenang sehingga lebih fokus. Namun perlu disadari bahwa ada beberapa peneliti yang menyatakan jika terlalu sering bekerja dimalam hari memiliki dampak negatif terutama pada saat sift malam, jadi ada harga yang harus dibayar untuk sebuah resiko kerja shift malam

Penelitian studi terbaru baru baru ini menunjukkan bahwa ada ancaman efek kerja shift malam bagi gangguan kesehatan bagi mereka yang terbiasa bekerja hingga larut malam. Adapun bukti medis ini menunjukkan kesimpulan yang kuat bahwa jam kerja tidak teratur dapat mempengaruhi kesehatan dalam jangka waktu yang panjang.

Bahaya Bekerja di Malam hari dan Solusi Cara Mengatasinya

Mustar Cameron, seorang peneliti kesehatan sekaligus presiden dari Institute for Work and Health di Toronto, Kanada, mengatakan, “Ketika sedang bekerja shift, di situ adalah waktu Anda untuk tidur. Akibatnya, Anda akan mengalami konflik dengan jam biologis.”  Begitupun Menurut dr Andreas, kemampuan untuk bekerja dimalam hari tidaklah sekuat pada saat bekerja disiang hari. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena konsentrasi seseorang yang tidak dapat digunakan secara maksimal pada saat bekerja dimalam hari. Selain itu juga kebutuhan istirahat menjadi berkurang sehingga hormon yang terdapat didalam tubuh seperti hormon melatonin dan hormon pertumbuhan menjadi terhambat karena kualitas tidur yang kurang baik.

Bekerja dimalam hari juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker dan kronis karena mengalami gangguan pola tidur dengan kata lain merusak jam biologis tubuh karena mempengaruhi ritme kerja gen gen yang terdapat didalamnya. Adapaun di sini dinanurfitri.com akan mencoba untuk sedikit mengulas apa apa saja bahaya kerja malam bagi kesehatan

Bahaya Bekerja di Malam hari dan Solusi Cara Mengatasinya

  • Meningkatkan Resiko Kanker

Bekerja di malam hari meningkatkan resiko wanita terkena kanker payudara, usus besar, dan endometrium.hingga 30%. Hal ini terjadi karena ketidakseimbangan hormon pada tubuh yang seharusnya diproduksi ketika seseorang sedang tidur. Para peneliti berpikir hal itu terkait dengan tingkat melatonin.

  • Memicu Obesitas dan Diabetes

Tidur yang terlalu sebentar atau mengubah waktu yang harusnya malam untuk istrirahat bisa memicu obesitas karena kerja insulin ikut terganggu akibat jam biologis yang diubah. (baca juga: gejala penyakit diabetes) “kata Dr Samuels”, Ketika Anda bekerja dalam di malam hari, selera Anda untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi cenderung meningkat, Berat badan yang berlebih dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti peningkatan risiko untuk penyakit jantung, penyakit diabetes, dan kanker.

  • Menyebabkan Depresi

Efek kerja malam terus menerus Dalam sebuah penelitian International Journal on Disability and Human Development menyatakan bahwa jika terlalu sering bekerja malam dapat meningkatkan resiko depresi atau perubahan suasana hati sehingga kondisi seseorang menjadi labil. (baca juga: cara mengobati depresi )

  • Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

(baca juga: cara mencegah penyakit jantung) Ketika bekerja dimalam hari, biasanya cenderung kurang memiliki banyak waktu untuk istirahat sehingga dapat mengganggu masalah obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi (baca juga: cara mencegah darah tinggi) dan kolesterol tinggi.

  • Mengganggu Jadwal Tidur

Orang yang cenderung suka berganti ganti jam kerja atau sering bekerja dimalam hari memiliki kadar hormon sorotin yang rendah sehingga jadwal dan kualitas tidur menjadi terganggu.

bahaya kerja malam hari, bahaya kerja malam bagi kesehatan, efek kerja shift malam, kerja malam hari menurut islam, efek kerja malam terus menerus, tips kerja shift malam, kata kata kerja malam, resiko kerja shift malam

Agar terhindar dari hal hal diatas sebaiknya mulai saat ini anda kurangi kebiasaan bekerja dimalam hari karena tidak baik bagi kesehatan. Namun jika memang anda benar benar dituntut untuk bekerja dimalam hari, berikut tips dan saran yang dapat kami berikan untuk anda agar kegiatan bekerja anda tidak mengganggu kondisi kesehatan :

  1. Atur jam kerja malam anda dengan bijak dan usahakan tidak melebihi 2 hari dalam seminggu.
  2. Konsumsi suplemen antioksidan sebagai pengganti fungsi melatonin ketika anda tengah bekerja dimalam hari.
  3. Matikan lampu ketika hendak tidur. Hal ini mungkin terlihat aneh tetapi percaya tidak percaya dengan tidur dalam kondisi lampu dimatikan dapat mengoptimalkan kerja melatonin selain itu juga akan menghemat biaya listrik.

Demikian info bahaya bekerja dimalam hari yang dapat kami informasikan untuk anda. Semoga bermanfaat untuk anda dalam menjaga kondisi kesehatan tubuh anda.

Bahaya Bekerja Malam Hari Bagi Tubuh | admin | 4.5