Cara Mudah Mengenali Tanda Hamil 1 Minggu

Beberapa tanda hamil 1 minggu pertama yang biasanya dirasakan oleh para wanita hamil adalah berupa tanda yang terlihat secara fisik, emosional ataupun pertanda yang dideteksi secara medis. Tapi pada kenyataanya masih banyak sekali wanita yang belum bisa membedakan pertanda kehamilan dengan hal-hal lainnya, seperti misalnya apakah terlambat haid berarti hamil, hal ini juga bisa jadi adalah pertanda lain. Ada kalanya juga salah kaprah dalam mengartikan gejala atau pertanda suatu penyakit sebagai pertanda kehamilan.

Adapun perbedaan antara pertanda kehamilan dengan tanda-tanda yang lainnya sebenarnya tidak terlalu sulit, yang sering membuat bingung adalah tidak adanya satu tanda pasti kehamilan yang mudah dikenali. Menentukan suatu kehamilan dilihat dari beberapa pertanda, semakin banyak gejala kehamilan yang terjadi pada seorang wanita, maka kemungkinannya dia hamil akan semakin tinggi. Nah, supaya tidak terjadi salah paham lagi tentang tanda tanda wanita akan hamil di minggu-minggu pertama, kali ini kami akan membahas tanda kehamilan saat 1 minggu baik secara non medis ataupun secara medis.

Tanda Hamil 1 Minggu yang Terlihat Secara Non Medis

tanda hamil 1 minggu setelah berhubungan, tanda hamil 1 minggu sebelum telat haid, tanda hamil 1 minggu setelah pembuahan, tanda hamil 1 minggu sebelum menstruasi, tanda hamil 1 minggu pertama, tanda hamil 3 minggu, tanda tanda hamil 2 minggu, cara mengetahui hamil 1 mingguSelain dengan menggunakan cara medis, masyarakat biasanya sering mengartikan beberapa gejala atau pertanda sebagai tanda kehamilan. Pertanda yang paling sering disebut adalah mual, muntah, dan terlambat haid. Namun sebenarnya tidak cukup itu saja untuk menentukan suatu kehamilan. Wanita yang hamil akan mual, muntah, dan terlambat haid, namun tidak berlaku sebaliknya, wanita yang mual-mual, muntah, dan terlambat haid belum tentu hamil, bisa jadi dikarenakan hal lain. Supaya lebih dapat memastikan kehamilan, semakin banyak tanda hamil 1 minggu yang Anda kenali maka akan semakin baik. Berikut adalah beberapa gejala non medis bagi wanita yang sedang hamil.

  1.   Lebih Mudah Lelah

Salah satu pertanda hamil yang paling sering dialami oleh wanita adalah fisiknya yang lebih lemah dari biasanya. Saat melakukan aktivitas biasanya wanita hamil akan lebih mudah merasa lelah. Hal ini biasanya terjadi karena peningkatan hormon progesteron. Hormon ini sangat penting untuk mendukung kehamilan dan pertumbuhan janin, namun memiliki efek memperlambat metabolisme pada tubuh. Selain itu Anemia juga bisa membuat tubuh mudah lelah pada awal kehamilan. Mengonsumsi makanan yang cocok untuk awal kehamilan akan mampu mengatasi hal ini.

  1.   Kurang Nafsu Makan

Tanda hamil 1 minggu yang kedua biasanya adalah wanita menjadi kurang nafsu makan. Bahkan makanan-makanan yang sebelumnya sangat disukai pun tidak membangkitkan selera. Rasa mual yang terjadi pada awal kehamilan adalah alasan utama turunnya nafsu makan. Selain itu perubahan hormon dalam tubuh pada awal kehamilan juga menyebabkan hal ini. Kurangnya nafsu makan ini adalah hal yang normal yang tidak perlu dikhawatirkan.

  1.   Keinginan terhadap makanan tertentu

Hal ini lebih kita kenal dengan istilah “ngidam”, yaitu keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu, terutama yang memberikan energi dan kalsium, seperti produk susu dan turunannya. Ada kalanya juga wanita ngidam terhadap hal-hal yang diluar kebiasaan. Contoh sederhananya meskipun tidak pernah mengonsumsi mie ayam, tiba-tiba saja sangat ingin mie ayam. Namun kadang ngidam ini bisa juga terjadi pada tingkatan yang lebih ekstrim.

  1.   Lebih Sensitif Terhadap Bau

Tanda tanda wanita akan hamil selanjutnya adalah wanita menjadi lebih sensitif penciumannya. Terkadang bau-bau yang terlalu menyengat akan membuat wanita merasa mual dan bahkan sampai muntah. Bahkan meskipun aroma yang diciumnya adalah aroma yang harum, misal seperti pewangi ruangan atau baju yang baru saja dicuci. Selain itu bau asap rokok juga bisa sangat mengganggu bagi wanita hamil. Sama seperti gejala di poin nomor 2 tadi, gejala penciuman yang lebih sensitif ini kemungkinan juga terjadi karena kadar hormon yang meningkat.

  1.   Morning Sickness

Seperti yang tadi sudah kami bahas bahwa salah satu gejala atau tanda hamil 1 minggu yang paling umum adalah mual dan muntah yang terjadi di pagi hari. Maka dari itu gejala yang satu ini sering disebut dengan morning sickness. Kondisi ini memang sudah sangat umum dialami oleh para wanita hamil di awal-awal kehamilannya. Kondisi ini akan cukup mengganggu karena kadang tidak hanya terjadi di pagi hari, namun juga bisa terjadi kapanpun dan di manapun. Cara untuk meredakannya adalah dengan megonsumsi beberapa jenis buah yang baik untu ibu hamil.

  1.   Lebih Sering Buang Air Kecil

Selain itu biasanya wanita hamil juga lebih sering buang air kecil. Bahkan terkadang rasa ingin buang air kecil ini tak tertahankan dan muncul lebih sering dari biasanya. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan efisiensi kerja ginjal dan juga karena adanya pertumbuhan uterus/rahim yang kemudian memberikan tekanan pada kandung kemih. Faktor peningkatan jumlah cairan tubuh selama kehamilan juga turut mempengaruhi. Hal ini bisa membuat Anda sering keluar masuk toilet di malam hari saat ingin tidur.

  1.   Perubahan Fisik

Wanita hamil biasanya juga akan mengalami perubahan fisik sebagai tanda tanda hamil 1 minggu. Di awal-awal kehamilan wanita akan mengalami perubahan ukuran pada beberapa anggota tubuhnya. Biasanya yang terjadi adalah ukuran payudara yang membesar dan menjadi lebih sensitif, ukuran tubuh yang juga terlihat lebih besar, atau jika Anda lebih jeli, organ kewanitaan dan juga tekstur mulut rahim akan mengalami perubahan warna. Akan tetapi pertanda tersebut biasanya hanya bisa terdeteksi jika Anda memeriksakannya ke dokter.

Mengetahui Pertanda Kehamilan dengan Cara Medis

Selain mendeteksi dengan cara non medis dengan memperhatian beberapa ciri atau tanda hamil 1 minggu seperti yang tadi sudah kami jelaskan, ada juga beberapa cara secara medis yang bisa Anda lakukan supaya hasilnya lebih akurat dan meyakinkan. Cara pertama tentunya adalah dengan menggunakan alat yang sering disebut dengan test pack. Alat ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di apotek-apotek terdekat. Cara pemeriksaannya adalah dengan menggunakan tes urin. Bahkan dokter kandungan pun sering menggunakan alat ini supaya lebih yakin dengan hasil pemeriksaannya.

Jika Anda ingin menggunakan test pack, disarankan supaya Anda mengambil sampel urin Anda di pagi hari. Lalu lihat tanda berupa garis yang diperlihatkan oleh alat tersebut. Jika ada dua tanda berarti positif, dan jika hanya ada satu berarti sebaliknya. Selain itu sebenarnya Anda juga bisa melakukan pemeriksaan USG, supaya Anda bisa benar-benar melihat dan memastikan bahwa ada janin di dalam rahim Anda. Akan tetapi yang lebih sering digunakan adalah cara menggunakan test pack seperti yang tadi sudah dijelaskan.

Setelah membaca penjelasan yang kami sampaikan tadi, apakah Anda merasa sudah merasakan atau mengalami beberapa tanda hamil 1 minggu di atas? Jika iya, coba segera pastikan dengan memeriksakannya ke dokter. Bersyukur dan berbahagialah karena berarti Anda akan segera memiliki anggota keluarga baru. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Cara Mudah Mengenali Tanda Hamil 1 Minggu | admin | 4.5