Ciri-Ciri Gejala Awal Penyakit Anemia

Gejala awal penyakit anemia– Anemia juag sering disebut dengan kekurangan darah. Penyakit ini sering sekali dialami kebanyakan orang yang tak kenal usia dan jenis kelamin. Penyakit ini adalah penyakit yang mana seseorang kekurangan hemoglobin bahasa medisnya atau kekurangan darah. Terjadinya penyakit ini memang dipengaruhi oleh banyak faktor. Bahkan saat seseorang strees juga mengalami penyakit ini dan ada banyak sekali gangguan lainnya. Dan penyakit ini bisa terjadi pada waktu yang tidak terduga, terlebih bagi anda yang sering kelelahan dan kurangnya asupan nutrisi. Untuk itu maka anda harus bisa mengidentifikasi penyakit ini melalui gejala-gejala yang ada, sehingga anda bisa menangani dengan segera dan dengan segera bisa mengobatinya.

Penyakit ini juga dapat dikaitkan dengan penyakit lainnya yang ada pada tubuh seperti halnya penyakit kanker, kuning bahkan penyakit HIV & AIDS. Namun ciri-ciri gejala penyakit anemia ini tidak selalu disertai dengan penyakit-penyakit yang menakutkan tersebut. Dan berikut ini adalah ulasan terkait dengan ciri-ciri penyakit anemia.Ciri Ciri Gejala Awal Penyakit Anemia

Ciri-Ciri Gejala Penyakit Anemia

  1. Seseorang akan terlihat pucat di kelopak mata bagian dalam

Ini ciri-ciri yang bisa ditandai seseorang terkena penyakit anemia. Anda bisa mengeceknya dengan membuka mata bagian bawah, dan jika berwarna pucat maka bisa dipastikan ini merupakan gejala anemia.

  1. Cepat merasa lelah

Karena hemoglobin dalam tubuh rendah atau sel darah merah yang rendah maka akan mengakibatkan oksidasi yang ada pada tubuh berkurang. Dan apabila berkurang maka yang terjadi adalah energi tubuh melemah. Oksidasi pada tbuh sangat berpengaruh terhadap kekuatan seseorang melakukan aktifitas.

  1. Kepala terasa sakit

Gejala yang selanjutnya adalah mengalami sakit kepala dan sering pusing. Hal ini dikarenakan kadar oksigen dalam tubuh berkurang. Oleh karena itu penderita anemia sering merasakan sakit kepala yang begitu hebat dan secara terus menerus.

  1. Palpilasi

Palpilasi adalah istilah medis yang memiliki arti denyut jantung tidak teratur, atau bisa dikatakan denyut jantung seseorang memiliki kecapatan yang tidak normal. Hal ini disebabkan kadar okdigen yang rendah dan mengakibatkan peningkatan pada denyut jantung dan berdebar begitu cepat.

  1. Ujung jari berwarna pucat saat ditekan

Anda bisa mengetes dengan cara yang simpel dan sederhana untuk mengetahui keadaan anda apakah sedang anemia atau tidak. Cukup dengan menekan ujung jari, jika warnanya putih pucat maka hal ini menunjukkan gejala penyakit anemia. Jika orang yang normal dan ditekan ujung jarinya maka warnanya tidaklah pucat tetapi merah.

  1. Sesak nafas

Lagi-lagi dikarenakan pasokan oksigen yang tidak maksimal dan juga sel darah merah yang rendah maka, ketika seseorang melakukan aktifitas akan merasa cepat lelah.

  1. Mual

Biasanya orang yang terjangkit penyakit anemia ini sering merasa mual pada saat bangun tidur, gejala ini sering disebut dengan istilah morning sickness.

  1. Menurunnya kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh akan menurun karena disebabkan energi yang turun drastis, sehingga akan sangat rentan sakit dan juga merasa lelah.

  1. Rambut rontok

Penyakit anemia juga bisa ditandai dengan adanya rontoknya rambut yang berlebuh. Hal ini disebabkan karena pasokan makanan teruntuk kulit kepala mengalami kekurangan sehingga terjadilah penipisan pada rambut.

  1. Pucat

Wajah yang terlihat lesu dan pucat, bisa dilihat dari bibirnya yang berwarna putih kebiruan.

Dari beberapa penjelasan ciri-ciri gejala penyakit anemia

Untuk itu jika saat ini anda sudah mengetahui dengan jelas gejala-gejalanya maka bisa mengatasi dengan segera ketika anda menderita penyakit anemia.

Penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja, bahkan usia anak-anak pun juga bisa mengalami penyakit tersebut. Untuk menghindari penyakit anemia ini maka anda harus memperhatikan pola hidup yang anda jalani. Atur pola makan anda dengan baik, dan makanlah makanan yang bergisi dan mampu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena ketika anda bisa mencegah sejak dini, anda tidak perlu mengobati. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Itulah ulasan terkait dengan ciri-ciri gejala awal penyakit anemia. Untuk informasi gejala penyakit yang lainnya bisa terus mengikuti ulasan dari kami.

Ciri-Ciri Gejala Awal Penyakit Anemia | admin | 4.5