Ciri-Ciri Gejala Penyakit Kanker Otak

Gejala penyakit kanker otakKanker otak adalah salah satu tumor ganas yang menyerang otak. Pengetahuan dini tentang ciri-ciri yang menjadi tanda seseorang terkena kanker otak sangat penting dikarenakan ciri-ciri dan gejala kanker otak tidak diketahui pada awal pertumbuhannya.Ada studi yang dilakukan Department Oncology, BSSMU, Banganbandhu Sheikh Mujib Medical University (Universitas ternama di Bangladesh) dilakukan pada 50 penderita dengan rentang umur 2-60 tahun, menemukan ada 16 ciri kanker otak yang perlu diwaspadai.

Ciri-ciri gejala penyakit kanker otak stadium 1, stadium 2, stadium 3, stadium 4/ akhir antara lain sakit kepala. Sebanyak 38 orang dari 50 orang responden atau sekitar 76% mengalami sakit kepala. Ciri-ciri sakit kepala karena kanker otak antara lain orang yang tidak biasanya sakit kepala, tiba-tiba sering menderita sakit kepala. Sakit kepala yang disertai gejala lain seperti mual, muntah, kejang, kesulitan bicara, dan masalah penglihatan. Sakit kepala yang terjadi ketika bangun di pagi hari disertai dengan mual dan muntah, tetapi membaik pada siang hari. Sakit kepala terus menerus juga bisa menjadi tanda penyakit kanker otak.ciri-ciri gejala penyakit kanker otak

Tumor menyebabkan fungsi otak tidak berjalan normal sehingga berdampak pada kesehatan mental, penderita bisa mengalami perubahan drastis setelah mengidap penyakit kanker otak dilihat dari 32 orang dari 50 orang responden. Ciri-ciri perubahan mental karena kanker otak antara lain penderita akan kehilangan memori, mengalami gangguan konsentrasi, bermasalah dengan penalaran, mengalami perubahan kepribadian dan perilaku, intensitas tidur meningkat.

Karakteristik muntah yang menjurus pada kanker otak yaitu bila terjadi muntah di pagi hari tanpa adanya mual dan diikuti dengan sakit kepala. Ciri-ciri muntah karena kanker otak yaitu muntah secara tiba-tiba tanpa ada riwayat penyakit tertentu sebelumnya, cairan muntah berwarna agak hijau, terjadi dibarengi dengan sakit kepala. Terjadi muntah disebabkan oleh adanya saraf yang terganggu karena kanker otak.

Mengalami gangguan penglihatan, seperti hanya mampu melihat lurus ke depan, melihat lampu seperti berkedip, penglihatan kabur, kehilangan teks ketika membaca, gangguan mata yang tak lazim yang biasanya tidak pernah dialami. Hal ini terjadi karena adanya saraf mata yang terganggu karena kanker otak, akan tetapi hal ini juga tergantung di mana lokasi dari kanker otak tersebut.

Fungsi otak normal pada manusia seperti motor sebagai penggerak tubuh akan dibatasi oleh tumor pada otak sehingga penderita akan mengalami kesulitan saat bergerak. Seperti berjalan tidak seimbang atau kehilangan keseimbangan, sulit berkoordinasi ketika bergerak, sering tersandung atau bersandar pada dinding ketika berjalan. Hal ini disebabkan oleh rusaknya saraf akibat kanker otak.

Kejang terjadi akibat aktivitas motorik pada otak tidak normal. Kejang terjadi mendadak atau tanpa ada gejala lain, kehilangan kesadaran dan mengalami kontraksi otot, kehilangan control fungsi tubuh, menggigit lidah, tidak bernafas jangka pendek kurang lebih 30 detik sehingga tubuh menjadi biru kehitaman, durasi kejang 2 sampai 3 menit, efek setelah kejang terjadi kantuk, kebingungan, sakit kepala, sakit otot, lemas atau mati rasa. Hal ini disebabkan oleh aktivitas listrik abnormal pada otak.

Kebutaan merupakan ciri kanker otak stadium lanjut saat sebagian besar tumor telah menjalar hingga menggangu bagian mata. Demensia atau hilang ingatan dialami setidaknya 14% penderita kanker otak. Ketika tumor otak mencapai stadium lanjut atau kronis, maka penderita kanker otak bisa mengalami ketidaksadaran, sering lupa, dan ketidaktahuan mengenai lingkungan dan kejadian sekitar. Mengalami gangguan kesadaran seperti sering terkejut, sering bengong, seringkali lupa apa yang dilakukan.

Demam juga bisa jadi ciri-ciri gejala penyakit kanker otak. Kehilangan sensasi, ini terjadi disebabkan oleh otak tidak berfungsi normal sehingga menyebabkan pikiran datar seiring dengan menurunnya kemampuan kognitif. Anoreksia atau kehilangan nafsu makan dialami kurang lebih 4% penderita kanker otak. Walaupun vertigo atau pusing seperti dunia bergerak berputar sesaat tidak menjadi salah satu ciri utama penderita kanker otak, namun vertigo menjadi salah satu ciri yang paling berbahaya seperti halnya pusing dan muntah. Penderita kanker otak mengalami kehilangan libido walaupun hanya sebagian kecil yang mengalaminya.

Inilah artikel ciri-ciri gejala penyakit kanker otak kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian.

 

Ciri-Ciri Gejala Penyakit Kanker Otak | admin | 4.5