Ciri-Ciri Gejala Penyakit Kanker Serviks

Penyakit kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang kini sedang banyak diderita oleh para wanita adalah kanker serviks atau biasa dikenal dengan penyakit kanker yang ada dimulut rahim. Beberapa tahun tekakhir ini, penyakit kanker serviks sangat banyak sekali kasusnya. Kasus penyakit ini telah tercatat di WHO yang tiap tahunnya ada ribuan wanita menderita ciri ciri penyakit kanker serviks. Dan kanker serviks ini merupakan salah satu kanker yang menduduki peringkat paling atas salah satu yang menyebabkan kematian wanita di dunia. Sungguh sangat mencengangkan bukan? Penyakit ini menyerang salah satu bagian vital yang dimiliki oleh wanita yaitu para organ reproduksi wanita yang tepatnya pada daerah leher rahim. Bagian leher rahim ini berada di antara rahim wanita dan kemaluan, bagian yang sangat sempit.  Penyebab terjadinya kanker serviksi ini ada banyak sekali faktornya, dan berikut ini penjelasan lengkap Ciri-ciri gejala penyakit kanker serviks:

Gejala Penyakit Kanker Serviks

  • Human papiloma virus (HPV)

Salah satu penyebab terjadinya penyakit kanker servik adalah terdapatnya HPV yang terdapat pada rahim wanita. Dan yang paling banyak membuat kematian seseorang adalah HPV tipe 16 dan 18. Terdapatnya virus ini dalam tubuh akan sangat cepat sekali penyebarannya, dan virus tidak hanya bisa menyebar melalui cairan saja namun juga melalui sentuhan kulit secara langsung. Terlebih lagi ketika penggunaan WC umum yang disitu sudah terdapat virus tersebut maka harus dibersihkan dengan baik.

  • Kebiasaan pola hidup

Pola hidup juga sangat berpengaruh terhadap gejala penyakit kanker serviks, terkhususnya untuk pola hidup yang bersih dan sehat. Merokok pun juga bisa penyebab gejala adanya kanker serviks. Sehingga anda harus mengurangi merokok dan usahakan untuk tidak merokok untuk menjaga kesehatan rahim anda dan terhindar dari kanker serviks. Kebiasaan pola hidup yang lainnya adalah melakukan hubungan seks bergonta-ganti pasangan. Hal ini juga menyebabkan gejala kanker serviks. Terlebih lagi bagi mereka yang masih berumur kurang dari 16 tahun, akan sangat renta sekali menderita kanker serviks, bahkan penelitian menyebutkan resikonya 2x lebih besar dari orang dewasa. Untuk itu maka anda harus setia pada pasangan dan selalu jaga kebersihan.

  • Penggunaan pil KB

Bagi anda yang melakukan program KB harus lebih berhati-hati dalam memilih progam. Karena ada banyak pilihan untuk bisa melakukan KB, jangan asal murah. Karena sangat beresiko sekali, jika anda tidak cocok menggunakannya. Contohnya adalah dengan menggunakan Pil KB. Efeknya tidak bisa dirasakan dalam waktu yang sebentar setelah penggunaan akan tetapi efeknya dalam jangka waktu yang cukup lama.   Faktor-faktor yang ada diatas merupakan beberapa faktor yang paling sering menyebabkan para wanita menderita kanker serviks. Dan untuk selanjutnya adalah ciri-ciri wanita yang menderita kanker serviks, yang tidak bisa diketahui dalam rentang waktu yang dekat. Karena proses kanker serviks ini cukup membutuhkan waktu 10 tahun hingga 20 tahun. Pada tahap awal untuk mengenali kanker serviks sangat sulit dilakukan, akan tetapi bisa dilakukan untuk melakukan testpap smear yang dilakukan 2 tahun sekali. Dan melakukan test IVA. Meskipun lumayan sulit dideteksi namun penyakit ini ada gejala kanker serviks dan ciri-cirinya:

ciri ciri kanker serviksCiri ciri kanker serviks yaitu merasakan sakit saat melakukan hubungan seks dan bahkan terjadi pendaharan

  1. Mengalami pendaharan dan juga keputihan yang tidak normal
  2. Pinggang sering merasa sakit
  3. Merasakan sakit ketika buang air kecil
  4. Saat datang bulan, darah yang dikeluarkan sangat banyak dan berlebih
  5. Jika kanker serviks sudah pada tingkat stadium lanjut maka akan merasakan sakit dan bengkak pada bagian paha. Nafsu       makan akan berkurang, berat badan yang tidak stabil dan juga akan mengalami kesulitan dan merasa sakit ketika buang air kecil. Dan yang paling banyak terjadi adalah pendaharan secara spontan.

Jika anda sudah mengalami beberpa gejala penyakit kanker serviks diatas maka, tindakan yang harus anda lakukan adalah konsultasi kedokter. Agar bisa segera dilakukan test untuk mengetahui apakah terjangkit kanker serviks atau penyakit lain. Untuk itu maka anda harus cepat tanggap ketika gejala-gejal tersebut anda rasakan. Dan hal yang harus anda lakukan adalah mengubah pola hidup dan menjaga kebersihan. Demikian itulah ulasan terkait dengan Ciri-ciri gejala penyakit kanker serviks.

Ciri-Ciri Gejala Penyakit Kanker Serviks | admin | 4.5