Ciri-Ciri Gejala Penyakit Kista Ovarium

Ciri-ciri gejala penyakit kista ovarium– Sebagian orang beranggapan bahwa penyakit kista adalah penyakit yang berkaitan dengan kandungan yang mengacu pada kesuburan. Anggapan yang demikian itu adalah salah karena, penyakit kista tidak hanya terdapat pada kandungan saja akan tetapi juga pada organ dalam tubuh lainnya. Kista merupakan sebuah istilah penyakit tumor yang terdapat di organ dalam tubuh manusia, yang mana berbentuk seperti kapsul dan didalamnya berisi cairan. Selama ini orang-orang selalu beranggapan bahwa kista tumbuh di dalam rahim, padahal kista juga bisa tumbuh diorgan yang lainnya. Namun yang kini sering terjadi kasus adalah penyakit kista ovarium. Yang dimaksudkan dengan penyakit ini adalah tumbuhnya benjolan atau tumor pada bagian organ ovarium.

Penyakit kista ovarium memang merupakan penyakit yang diderita oleh para wanita, dan memiliki gejala-gejala. Berikut ini adalah penjelasannya:

  1. Bagian perut sering merasa tertekan
  2. Merasakan nyeri pada panggul saat melakukan hubungan intim dengan pasangan
  3. Panggul akan merasa sangat nyeri ketika sebelum maupun setelah datang bulan.
  4. Menstruasi yang tidak lancar. Dan ketika masa haid maka anda akan sering merasakan sakit baik itu diperut maupun dibagian panggul. Terkadang anda juga akan mengalami pendaharan yang begitu hebat dan disertai sakit saat haid.
  5. Mengalami kembung pada perut dan bengkak pada bagian dada.
  6. Kandung kemih terasa sangat tertekan yang hal tersebut mengakibatkan anda sering membuang air kecil.
  7. Perut merasakan sakit ketika dibuat bergerak, yang mana hal ini dikarenakan kista ovarium telah robek, dan juga dikarenakan terjadinya pendarahan dalam kista.

Ciri Ciri Gejala Penyakit Kista OvariumBeberapa Ciri-Ciri Gejala Penyakit Kista Ovarium diatas merupakan suatu hal yang harus segera ditangani dengan segera untuk bisa langsung diobati. Jika anda merasakan gejala-gejala tersebut maka segera datang kedokter untuk minta diUSG , agar bisa mengetahui hasilnya apakah anda menderita penyakit kista ovarium atau penyakit yang lainnya. Pada saat yang seperti ini dokter akan memeriksanya dan melakukan penanganan secara sigap. Karena penyakit ini merupakan penyakit yang cukup ganas dan mematikan banyak perempuan dunia.

Gejala Penyakit Kista OvariumUntuk itu selain anda harus mengenali gejala-gejala penyakit kista ovarium anda juga harus mengetahui faktor penyebabnya, agar anda bisa menghindarinya. Terjadinya penyakit ini memang sangat dipengaruhi banyak faktor. Dan berikut ini adalah ulasanya:

  1. Adanya faktor keturunan. Ternyata penyakit ini juga bisa menurun, jika di riwayat keluarga anda memiliki penyakit yang demikian maka anda juga harus lebih waspada dan mencegahnya untuk mengatr pola hidup yang sehat.
  2. Faktor reproduksi

Hal ini berkaitan dengan pengalaman berapa lama durasi yang dibutuhkan ketika melahirkan, kemudian infertilitas dan paritas yang rendah juga beresiko tinggi dengan penyakit kista ovarium.

  1. Menstruasi yang tidak lancar

Salah satu penyebab terjangkitnya penyakit kista ovarium ini adalah menstruasi yang tidak lancar, yang diakibatkan banyak sekali faktor.

  1. Pola hidup yang tidak sehat

Jika anda ingin terhindar dari penyakit kista ovarium maka anda harus menjalani hidup yang sehat, atur pola makan dan makanlah dengan memenuhi gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Olahraga yang teratur dan perbanyak mengkonsumsi air putih dan buah-buahan yang menyehatkan.

  1. Peningkatan distribusi lemak pada tubuh
  2. Adanya tidak keseimbangan hormon yang terdapat pada tubuh
  3. Penggunaan program KB yang tidak sehat. Resiko ini jauh lebih tinggi dari faktor yang lainnya. Untuk itu maka gunakan program KB yang menyehatkan.

Dari beberapa faktor diatas yang bisa anda lakukan adalah bagaiman cara menghindari dan mengatur pola hidup yang anda miliki. Karena sejak beberapa tahun terakhir ini penyakit kista ovarium telah mengalami peningkatan kasus setiap tahunnya yang menyerang berbagai wanita dibelahan dunia. dengan adanya informasi dini mengenai gejala dan juga faktor-faktor yang mempengaruhinya maka diharapkan bisa mengurangi tingkat kasus penyakit kista ovarium. Karena lagi-lagi wanita menjadi ancaman terbesar dari penyakit-penyakit yang ada terlebih lagi untuk penyakit kista ovarium yang hanya menyerang organ tubuh dalam pada wanita. Demikianlah informasi terkait dengan Ciri-ciri gejala penyakit kista ovarium.

Ciri-Ciri Gejala Penyakit Kista Ovarium | admin | 4.5