Manfaat dan Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan tentu sudah sangat terkenal di dunia medis, khasiatnya dalam menyembuhkan kanker dan berbagai penyakit berbahaya sudah tidak diragukan lagi. Bawang merah juga mempunyai manfaat sebagai sumber antioksidan seperti manfaat kulit manggis yang sangat ampuh untuk memerangi radikal bebas di dalam tubuh. sebagai Orang Asia Tenggara kita pasti tahu bahwa bawang merah merupakan salah satu bumbu wajib yang membuat sedap sebuah masakan. Bawang merah dengan nama latin (Allium cepa L) biasanya digunakan  sebagai rempah pada hidangan sehari-hari yaitu bagian umbinya dijadikan sebagai bawang goreng atau juga daunnya dalam penyedap masakan. Ia Memiliki aroma yang tajam namun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Bawang Merah

Adapun nutrisi yang terkandung didalam nya mampu mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit dan masalah kesehatan lainnya. Didalam bawang merah ini mengandung bermacam-macam nutrisi diantaranya bawang merah ini mepunyai zat mineral, vitamin dan Zat antioksidan. Selain itu bawang merah juga memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri dan juga anti-jamur. Kandungan kalori yang terdapat dalam bawang merah juga rendah.

Kandungan Gizi Bawang Merah

Satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar :

  • 64 kalori
  • 15 gram karbohidrat
  • 0 gram lemak
  • 0 gram kolesterol
  • 3 gram serat
  • 7 gram gula
  • 2 gram protein dan 10%
  • Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan
  • Memiliki sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor dan kalium antioksidan quercetin dan sulfur.

Tingginya kandungan gizi ini membuat bawang merah tidak kalah baiknya dengan bawang putih yang sama sama sangat ampuh menangkal penyakit berbahaya dan menjaga kesehatan tubuh.

Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan

Mungkin Anda juga pernah menjumpai kakek atau nenek Anda mengkonsumsi bawang merah, biasanya mereka mengkonsuminya dengan cara langsung dimakan mentah atau diiris terlebih dahulu kemudian dimakan. Seperti halnya dengan bawang putih, bawang merah juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui.
Manfaat dan Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Bawang Merah

Anda dapat membaca dan mengetahui lebih lengkap uraian dibawah ini akan menjelaskan manfaat bawang merah tersebut :

1.) Menurunkan Gula Darah
Ada beberapa nutrisi yang terkandung dalam bawang merah, seperti antivirus, anti-bakteri dan anti jamur. Selain itu bawang merah juga memiliki kandungan anti-oksidan, beberapa mineral dan juga vitamin. Khasiat bawang merah juga salahsatunya adalah dapat menrunkan kadar gula darah yang ada pada tubuh penderita diabetes.

2.) Mengurangi Kolesterol
Didalam bawang merah juga terkandung Allicin yang memiliki manfaat sebagai penurun Kolesterol yang ada didalam tubuh. Tekanan darah tinggi dapat dibantu diturunkan dengan menggunakan bawang merah ini, selain itu mungkin bagi Anda yang sedang melakukan diat bisa mengkonsumsi tambahan menu bawang merah ini karena bawang merah hanya mengandung sedikit kalori.

3.) Menymbuhkan Sembelit
Didalam pencernaan mungkin saja ada racun atau makanan dengan partikel keras yang terjebak didalamnya, bawang merah bisa mengatasi hal seperti ini. Anda bisa mengkonsumsi bawang merah, jika Anda merasakan sakit sembelit.

4.) Melindungi Jantung
Selain manfaat bawang merah yang dapat mengontrol kolesterol tubuh, dengan mengkonsumsi bawang merah Anda bisa melindungi jantung Anda dari resiko Penyakit Jantung. Disamping iut juga dapat membuka arteri yang tersumbat dalam tubuh.

5.) Mencegah Kanker
Bawang merah juga mengandung vitamin salah satunya vitamin A, yang memiliki manfaat sebagai pencegahan perkembangan kanker ronggam mulut. Selain itu bawang merah juga dapat mencegah terjadinya kanker hati dan menghancurkan sel-sel kanker yang ada. Disamping itu bawang merah juga dapat membantu dalam mengatasi kemungkinan terjadinya kanker perut.

6.) Mengatasi Sengatan Serangga
Sengatan Serangga biasanya menyebabkan rasa sakit atau gatal, ternyata bawang merah juga bisa mengatasi hal-hal tersebut seperti bekas gigitan nyamuk, sengatan tawon, lebah dan serangga lainnya selain itu dapat meredakan rasa sakit yang ditimbulkan dari sengatan tersebut

7.) Menjaga Kekebalan Tubuh
Dengan menggunakan madu dengan jus dari bawang merah sekitar satu sendok teh kemudian dikonsumsi dengan teratur, bisa mengatasi berbagau penyakit pilek, sakitpada tenggorokan, influenza, pilek bahkan bronkhitis. Selain itu bisa juga mencairkan dahak pada tenggorokan Anda.

8.) Kesehatan Rambut
Selain untuk tubuh, bawang merah juga bisa bermanfaat untuk kesehatan rambut dan mengatasi masalah pada kepala Anda seperi ketombe. Caranya bisa menggunakan jsu bawang merah yang digunakan setiap hari secara teratur dalam waktu tertentu sehingga rambut Anda dapat tumbuh dengan sehat dan juga dapat mengatasi ketombe pada kepada Anda.

9.) Memperlambat Pikun
Khasiat Bawang Merah lainnya didapatkan dari bawang merah yaitu dapat membantu dalam mengefktifkan kinerja otak dan bermanfaat bagi pencerita alzheimer, selain itu jika persentasi resiko osteoporosis pada seseorang dapat dikurangi sekitar 20% dengan menggunakan bawang merah, selain itu dapat membuat kulit Anda lebih cantik.

10.) Mengobati Jerawat
Beberapa sifat yang dimiliki oleh bawang merah adalah anti-inflamasi dan juga anti-bakteri yang berkhasiat dalam mengatasi jerawat Anda. Dengan menggunakan bawang merah Anda bisa menghentikan timbulnya peradangan pada bagian jerawat Anda, selain itu dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat dan dapat menyembuhkan bekas jerawat pada kulit Anda.

Resiko Kesehatan Bawang Merah

Meskipun tidak sangat serius, makan bawang dapat menyebabkan masalah bagi sebagian orang. Karbohidrat dalam bawang dapat menyebabkan gas dan kembung, menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse. Bawang, terutama jika dikonsumsi mentah, dapat memperburuk mulas pada orang yang menderita sakit maag kronis atau penyakit refluks lambung, menurut salah satu studi 1990 di American Journal of Gastroenterology.
Mengkonsumsi sejumlah bawang atau meningkatkan konsumsi bawang dapat mengganggu dengan obat pengencer darah, menurut University of Georgia. Bawang hijau mengandung jumlah vitamin K yang tinggi, yang dapat menurunkan fungsi darah.
Bawang merah juga memungkinkan untuk intoleransi makanan atau alergi terhadap bawang, tetapi kasus-kasus yang jarang terjadi, menurut sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology. Orang yang mengalami alergi bawang merah mungkin mengalami kemerahan, mata gatal dan ruam jika bawang merah bersentuhan dengan kulit. Orang dengan intoleransi terhadap bawang merah mungkin mengalami mual, muntah dan ketidaknyamanan lambung lainnya.

Cara Memilih dan Menyimpan Bawang merah

Bawang merah yang baik dikonsumsi, harus bersih, keras dan memiliki kulit kering. Hindari bawang yang menunjukkan tanda-tanda pembusukan. Bawang harus disimpan pada suhu kamar, jauh dari cahaya terang dan di tempat yang berventilasi baik. Semua jenis bawang harus disimpan jauh dari kentang, karena mereka akan menyerap kelembaban gas kentang dan menyebabkan manfaat kentang menjadi lebih mudah rusak.
Bawang yang memiliki rasa lebih tajam, akan bertahan lebih lama dibandingkan dengan bawang yang lebih manis seperti bawang putih, karena senyawa yang menghasilkan rasa yang tajam tersebut adalah pengawet alami juga.
Jangan menyimpan bawang yang ingin dimasak, dalam mangkuk atau wadah berbahan logam karena hal ini akan menyebabkan bawang berubah warna. Pembekuan bawang cincang akan menyebabkan bawang kehilangan banyak rasa. Penggunaan bawang merah pada masakan memang sangat erat disandingkan dengan rekannya yaitu manfaat bawang putih.

Diatas hanya beberapa dari Manfaat Bawang Merah yang baik untuk kesehatan tubuh Anda, masih banyak manfaat lain dari bawang merah ini karena kandungan berbagai nutrisi yang terkandung didalamnya bermacam-macam. Selain bermanfaat dalam mengatasi dan mencegah berbagai penyakit, bawang merah juga dapat merawat kecantikan kulit tubuh Anda sehingga Anda tetap memiliki badan yang bugar.
Manfaat dan Khasiat Bawang Merah

Meskipun banyak khasiat bawang merah bagi kesehatan, tentu saja Anda tidak boleh melupakan faktor lainnya sebagai pendukung kesehatan tubuh Anda. Banyak faktor yang membuat orang tetap dalam keadaan sehat selain dari makanan, seperti olahraga dengan teratur, dan juga istirahat dengan teratur agar tubuh dapat tetap dalam keadaan bugar dalam menjalankan berbagai aktivitas. Semoga bermanfaat terimakasih telah membaca artikel manfaat dan khasiat bawang merah untuk kesehatan di situs Dinanurfitri.Com.. tetap jaga kesehatan Anda.

Manfaat dan Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan | admin | 4.5