Manfaat dan Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Dinanurfitri.comManfaat dan Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh– Teh hijau sebagai minuman seduh layaknya kopi telah lama dikenal di berbagai negara. teh hijau ini lebih sehat karena rendah kandungan kafein dan mengandung antioksidan alami yang sangat kuat yang disebut dengan polifenol. Antioksidan jenis ini tidak hanya membantu menyehatkan tubuh, kulit, dan rambut, tetapi juga membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Dipercaya bahwa teh hijau memiliki manfaat dan khasiat tertentu yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh setiap orang diantaranya adalah untuk diet menurunkan berat badan. Banyak para ahli dalam bidang kesehatan menganjurkan meminum teh hijau untuk diet ini dikarenakan teh hijau memiliki zat alami yang bisa membantu membakar lemak dengan cepat. Selain untuk menurunkan berat badan, teh hijau juga masih banyak memiliki khasiat lain dalam bidang kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Teh Hijau

Teh hijau juga merupakan pilihan yang sehat karena cara itu diproses . Teh hijau berasal dari daun tanaman Camellia sinensis yang hanya dikukus, sehingga mencegah hilangnya kandungan katekin. Sedangkan teh hitam atau teh oolong dibuat dari daun yang difermentasi, sehingga menyebabkan hilangnya senyawa anti oksidan.

Teh hijau kini telah sangat populer di seluruh dunia, berbagai makanan, minuman, suplemen makanan kesehatan serta kosmetik sekarang banyak dibuat dari ekstrak teh hijau. Beberapa penelitian ilmiah di seluruh dunia menemukan bahwa yang minum teh hijau secara teratur lebih rendah memiliki resiko menderita sakit jantung dan bahkan kanker. Dibandingkan dengan teh biasa, teh hijau memiliki lebih sedikit kafein.Selain itu teh hijau lebih tinggi mengandung flavonoid (fitokimia yang ditemukan dalam produk tanaman) yang memiliki sifat  antioksidatif dan anti karsinogenik.

Tip : Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan untuk menyeduh teh, daripada menggunakan kantong teh. Hal ini tidak hanya menambahkan rasa, tapi juga memungkinkan pelepasan antioksidan lebih banyak.

Teh hijau kini merupakan salahsatu minuman teh yang populer karena banyak manfaat teh hijau untuk kesehatan yang terkandung didalamnya seperti antioksidan, polyfenol, mikronutrien, vitamin, nutrisi dan substansi bioaktif jenis lainnya.

Khasiat Teh Hijau

Beberapa manfaat yang akan didapatkan jika mengkonsumsi teh hijau diantaranya adalah sebagai berikut, seperti yang dilansir dari india times :

1.) Metabolisme dapat meningkat ketika minum teh hijau. Oskid lemak mampu meningkat dengan adanya kandungan polifenol yang ada dalam teh hijau.
2.) Dengan meminum teh hijau setiap hari mampu menurunkan kolesterol.
3.) Baik untuk kesehatan jantung karena dengan minum teh hijau maka kesehatan lapisan pembuluh darah mampu terjaga.
4.) Dapat mencegah pembekuan darah yang bisa saja berakibat buruk pada jantung.
5.) Dapat menghilangkan virus dan juga bakteri yang ada didalam mulut sehingga kesehatan gigi dapat terjaga.

Anda bisa rutin mengkonsumsi teh hijau karena teh hijau ini memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh, selain itu ada lagi manfaat rutin minum teh hijau untuk kesehatan dan juga kecantikan, diantaranya :

Manfaat dan Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh

1.) Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Neurologis :

Polifenol yang terkandung dalam teh hijau bisa membantu menjaga bagian otak yang bertugas mengatur belajar dan memori. Hal ini akan memperlambat proses pengurangan acetylcholine dalam otak,  dan juga mencegah kerusakan sel di otak. Konsumsi rutin teh hijau juga membantu pencegahan penyakit degeneratif dan neurologis seperti Alzheimer dan Parkinson.

2.) Mampu Turunkan Berat Badan
Menurut salahsatu konsultan diet dari Wolipop yaitu Dr. Phaidon Toruan menjelaskan bahwa teh hijau bukanah obat kurus, ia menuturkan bahwa teh hijau bisa membantu dalam proses pembakaran lemak. Selain itu secara umum ada 3 fungsi teh hijau diantaranya sebagai pembakar lemak ketika olahraga, mengeblok lemak dan juga penstabil gula.

3.) Kuku menjadi Lebih kuat dan mengkilat  :

Teh hijau juga merupakan zat yang bisa membuat kuku kuat dan sehat. Untuk menghilangkan kekuningan pada kuku, rendam kuku Anda hanya sekali seminggu. Dengan demikian Anda akan mendapatkan kuku menjadi kuat dan mengkilap setelah penggunaan beberapa minggu. Anda juga dapat menggunakan minyak esensial teh hijau sebagai minyak kutikula, caranya cukup berikan setetes untuk setiap kuku sekali atau dua kali dalam seminggu. Hal ini akan mengatasi masalah kuku rapuh.

4.) Dapat Menjaga Kesehatan Tubuh
Dilansir dari situs wolipop bahwa menurut studi yang dilakukan di negara jepang pada tahun 1994, terhadap 40.000 orang, bahwa orang yang minum sebanyak 5 cangkir teh hijau setiap hari atau lebih memiliki resiko kematian muda yang lebih rendah jika dibandingkan dengan yang samasekali tidak meminum teh hijau. Ukuran cangkir dijepang dengan ukuran cangkir di Indonesia mungkin saja berbeda. Namun dengan adanya survei tersebut memberikan kesimpulan bahwa teh hijau dapat menjaga kesehatan tubuh agar tetap kuat dan juga sehat.

5.) Mampu Meningkatkan Kinerja Tubuh dan Pikiran
Fungsi kognitif dipercaya dapat meningkat dengan meminum teh hijau. sehingga Anda bisa bekerja dan berfikir lebih baik. Teh hijau memiliki kandungan epigallocatechin (EGCG) yang mampu melindungi organ otak dari timbulnya kerusakan selain itu teh hijau memiliki kemampuan untuk mencegah munculnya kanker.

6.) Mampu Mengatasi Peradangan pada Kulit
Ternyata teh hijau juga memiliki khasiat untuk mengatasi peradangan pada kulit atau eksim selain itu kulit melepuh atau juga gelembung kecil yang didalamnya ada cairan. Anda bisa mengkonsumsi teh hijau secukupnya setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

7.) Awet Muda
Menurut Dr. Phaidon menjelaskan bahwa salahsatu khasiat teh hijau dapat membuat seseorang tampak awet muda, karena dalam teh hijau mengandung antioksidan, vit C, vit E sehingga orang yang meminum teh hijau akan terlihat lebih muda dan terlihat tidak cepat tua.

8.) Mencegah Osteoporosis :

Kepadatan tulang yang rendah adalah masalah umum wanita, terutama setelah menopause. Osteoporosis menyebabkan tulang-tulang menjadi lemah dan rapuh, dan menyebabkan peningkatan risiko fraktur. Kandungan fluoride yang tinggi dalam teh hijau akan membantu menjaga tulang yang kuat dan memperlambat kerusakannya, sehingga mengurangi kemungkinan terkena masalah seperti osteoporosis.

9.) Melancarkan Pernapasan
Didalam teh hijau ada kandungan dua alkalodi yang pertama theobromine dan yang kedua theophylline yang dipercaya memiliki kesamaan struktur dengan kafein. Theobromine memiliki sedikit sifat diuretik dan merangsang jantung meskipun demikian zat ini diketahui dapat melegakan otot yang ada pada sistem pernapasan dan juga dapat mencegah batuk. Sedangkan theophylline dapat melancarkan pernapasan dan baik untuk melemaskan otot bronkus.

10.) Liver yang sehat :

Teh hijau juga baik untuk kesehatan liver karena anti oksidan yang ada di dalamnya, dimanayang akan menghilangkan radikal bebas sehingga akan membantu menjaga hati tetap sehat. Hal ini juga mengurangi risiko hati berlemak.

Seperti dikatakan jika teh hijau juga membantu menjaga berat badan dan obesitas dengan meningkatkan tingkat metabolisme, dan mencegah gerakan glukosa dalam sel-sel lemak. Dengan demikian membantu mengurangi tekanan pada liver .

11.) Mengurangi Stres dan Depresi :

Stres dan depresi adalah dua masalah lain yang mengancam kedamaian pikiran kita. Teh hijau benar-benar dapat membantu Anda untuk melawan depresi. Penelitian yang dilakukan oleh American Botanical Council telah menemukan bahwa orang tua yang minum teh hijau setiap hari semakin kecil kemungkinannya untuk depresi. Teh hijau sebenarnya juga bagus untuk otak Anda, karena Polifenol dalam teh hijau membantu otak  dengan jalan menjaga pasokan kebutuhan utamanya yaitu glukosa .

Selain anti oksidan, teh hijau juga mengandung senyawa yang disebut Theanine, adalah asam amino yang membantu mengurangi stres dan kecemasan. Theanine juga merupakan anti depresan.

12.) Kafein didalam Teh tak membuat Gelisah
Bagi beberapa orang ada yang merasakan cemas dan juga gelisah ketika mengkonsumsi kopi karen mereka terlalu sensitif terhadap kafein, atau ada yang menyebutnya dengan coffee jitters. Namun berbeda halnya dengan kandungan kafein pada teh hijau yang mampu meningkatkan konsentrasi dan juga kewaspadaan, sehingga efek samping kafein pada kopi berbeda dengan kafein pada teh hijau.

Selain Khasiat Teh Hijau diatas masih banyak lagi manfaat yang dihasilkan dari teh hijau. Dengan minum teh hijau secukupnya Anda bisa mendapatkan manfaat teh hijau yang mampu menyehatkan tubuh sehingga kesehatan Anda tetap terjaga. Selain untuk kesehatan teh hijau juga bisa digunakan untuk perawatan pada kulit wajah seperti perawatan untuk Menghilangkan Jerawat Secara Alami karena kandungan zat yang ada didalam teh hijau lebih tinggi dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Sekain artikel tentang Manfaat dan Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh semoga bermanfaat. Salam Sehat.

 

Manfaat dan Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh | admin | 4.5