Manfaat Kegunaan Daun Sirih Sebagai Obat Herbal

Kegunaan Daun Sirih Sebagai Obat Herbal – Mungkin saja kita sudah tidak asing lagi kan dengan jenis tanaman sirih yang satu ini? Tetapi tahukah Anda bahwa ternyata daun sirih yang biasanya Anda ketahui berwarna hijau ini terbagi menjadi dua jenis yang berbeda?

Ya, jika selama ini Anda hanya familiar dengan daun sirih yang berwarna hijau, dan seabrek manfaatnya bagi kesehatan tubuh, terutama bagi kaum wanita, ternyata ada satu lagi jenis daun sirih yang juga tidak kalah bermanfaatnya lho.

Jenis daun sirih lain yang kami maksud adalah daun sirih merah. Nah apakah Anda ingin tahu apa sih perbedaan daun sirih hijau dan daun sirih merah? Dan apa manfaat yang dihasilkan dari kedua jenis tanaman ini?

Perbedaan daun sirih merah dan hijau dan manfaatnya

Daun sirih merah

Untuk tanaman daun sirih merah ini adalah sejenis tanaman rambat dengan daun yang berbentuk menyerupai hati. Selain itu, ciri khas dari daun sirih merah ini adalah memiliki batang yang berbentuk bulat, dengan warna hijau keunguan dan juga tidak memiliki bunga.

Nah, jika kita berbicara mengenai manfaat daun sirih merah, tamanan satu ini memang sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman obat yang mempunyai banyak sekali khasiatnya. Khasiat dari daun sirih merah antara lain bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kronis, seperti diabetes, hepatitis, stroke, dan kolesterol. Untuk bisa mendapatkan manfaat terbaik dari daun sirih merah, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun sirih merahnya saja.

Daun sirih hijau

Kegunaan Daun Sirih Sebagai Obat HerbalCiri fisik dari daun sirih hijau ini tidak terlalu jauh berbeda dengan daun sirih merah, daun sirih hjau yang juga termasuk jenis tanaman rambat ini juga memiliki batang berbentuk bulat dan daunnya yang menyerupai bentuk hati. Akan tetapi, jika pada batang daun sirih merah berwarna keunguan, batang pada daun sirih hijau ini tidak.

Selain hal tersebut daun sirih hijau ini mempunyai banyak sekali kandungan yang sangat berguna bagi kesehatan. Kandungan-kandungan yang dimaksudkan antara lain, atsiri, fenil propana, kavicol, esragol, kacibetol, hidroksikavicol, cineole, caryophyllene, dan juga allylpyrokatekol.

Dengan adanya berbagai kandungan yang ada di dalam daun sirih hijau tersebut, manfaat daun sirih hijau ini meliputi obat untuk mengobati sakit gigi dan juga gusi bengkak, bisa juga mengatasi keputihan, dan juga mengatasi masalah bau mulut.

Manfaat Kegunaan daun sirih sebagai obat herbal

Daun sirih sebagai obat cacar air alami

Sebagai obat cacar air untuk pemakaian dalam, silakan Anda pilih daun sirih hijau , sebab rasanya tidak terlalu pahit dan lebih segar, sedangkan untuk pemakaian luar, Anda bisa memilih daun sirih hijau atau pun merah untuk dijadikan sebagai obat oles.

Sebagai obat minum cara pembuatannya snagat mudah, silakan Anda siapkan beberapa lembar daun sirihnya, lalu masukkan ke dalam panci yang berisi air, rebus sampai mendidih. Setelah mendidih, warna airnya akan berubah menjadi kecokelatan,tetapi masih dalam keadaan bening, matikan apinya, dan dinginkan. Minum 3 hingga 4 kali sehari 1 gelas.

Sedangkan untuk pemakaian luas, daun sirih bisa Anda gunakan untuk mandi dan juga sebagai obat oles. Untuk mandi, silakan rebus beberapa lembar daun sirihnya sampai airnya tersebut mendidih, dan warnanya berubah jadi kecokelatan. Lalu, campurkan ke dalam air dingin untuk diguyurkan kesekujur tubuh.

Sebagai obat oles, ambil beberapa lembar daun sirih, kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu, campurkan sedikit minyak kelapa, dan aduk-aduk sampai rata. Setelah itu, langsung oleskan ke bagian tubuh yang gatal karena cacar air.

Daun sirih sebagai obat alami atasi keputihan

Cara untuk mengatasi masalah keputihan pada wanita dengan pengobatan tradisional menggunakan daun sirih ini sangat mudah sekali. Silakan Anda ambil 10 lembar daun sirih dan cuci hingga bersih, lalu siapkan kurang lebih 2 liter air ke dalam panci dan rebus sampai mendidih. Sesudah di rebus, air godokan daun sirih tersebut hendaknya didinginkan terlebih dahulu.

Setelah dingin, Anda bisa membasuhnya ke seluruh bagian organ kewanitaan. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda bisa membuat ramuan ini secara rutin dan menggunakannya untuk mengobati atau mengatasi masalah keputihan Anda.

Demikianlah yang bisa kami informasikan kepada Anda tentang manfaat dan kegunaan daun srih sebagai obat herbal. Semoga bisa bermanfaat.

Manfaat Kegunaan Daun Sirih Sebagai Obat Herbal | admin | 4.5