Waspadai Sakit Kepala Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius

Sakit kepala bisa jadi gejala penyakit seriusWalaupun sakit kepala adalah gejala umum yang sering terjadi pada setiap orang, akan tetapi sakit kepala bisa jadi gejala penyakit serius atau salah satu sinyal terjadinya penyakit serius pada tubuh.

Penyebab sakit kepala antara lain ketegangan kulit kepala serta otot leher merupakan sebab tiga dari empat orang yang mengalami sakit kepala. Hal ini bisa diakibatkan karena stress, sehingga bila ketegangan pada kepala terjadi, akan mengakibatkan rasa sakit atau nyeri yang biasanya dirasakan pada bagian depan ataupun belakang kepala. Sehingga kepala terasa sakit dan serasa dibalut dengan kain yang ketat. Sebab yang lain yaitu makan tidak teratur, suara bising atau terlalu keras, sedang dalam perjalanan yang lumayan jauh, udara yang sesak, cuaca yang tidak mendukung, demam atau badan panas, terlalu lama tidut, sinusitis, juga bisa disebabkan sedang sakit gigi karena syaraf gigi terhubung ke syaraf otak. Migrain atau sakit kepala sebelah juga mata terasa sakit dan terkadang disertai dengan gejala mual bisa menyebabkan sakit kepala.

SAKIT KEPALA Terus menerusSakit kepala membutuhkan pengobatan apabila sakit kepala berat dan biasanya disertai dengan gejala leher terasa kaku, ruam, dan demam yang bisa jadi merupakan gejala dari meningitis. Meningitis yaitu suatu keadaan dimana selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang mengalami peradangan seperti yang dikutip dari mirror, dr. Miriam Stoppard. Sakit kepala yang muncul mendadak juga terasa seperti dipukul pada bagian kepala belakang bisa menyebabkan pendarahan subarachnoid, yaitu pendarahan yang terjadi diantara selaput yang menutupi otak. Pada orang yang lanjut usia, sakit pada bagian kulit kepala bisa terjadi arteritis temporalis, yang dapat menyebabkan pembuluh darah pada bagian kepala terjadi peradangan.

Ketika hal diatas terjadi, maka sebaiknya berkonsultasi atau periksa ke dokter. Ketika periksa ke dokter, biasanya dokter menyarankan untuk melakukan tes, seperti CT scan atau MRI otak, selain itu bisa juga berkonsultasi dengan dokter saraf.

Pengobatan sakit kepala yang dijelaskan oleh dr. Miriam Stoppard yaitu tergantung dari penyebab sakit kepala. Sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan otot biasanya hanya membutuhkan istirahat, relaksasi dan makan teratur tanpa menggunakan obat, Sebaiknya hindari penggunaan obat sakit kepala tanpa resep dokter karena ada obat penghilang rasa sakit yang mengandung kodein malah bisa menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala bisa jadi gejala penyakit serius seperti tumor otak, meningitis, stroke, kelainan pembuluh darah otak, infeksi otak. Pada penderita kanker otak, ciri atau gejala utama yaitu sakit kepala.

Beberapa orang ada yang mengalami sakit kepala terus menerus, penyebabnya bisa berbeda dari tiap orang, Sakit kepala terus menerus yaitu jika sakit kepala terjadi dalam waktu selama kurang lebih tiga bulan dan terjadi lebih dari 15 hari setiap bulannya baik itu sakit kepala migraine atau sakit kepala seperti tertekan antara kepala kiri dan kanan. Sakit kepala terus menerus akan sulit diobati apabila tidak diketahui penyebabnya secara pasti. Biasanya penyebab sakit kepala terus menerus salah satunya yaitu stress dan depresi karena di saat stress akan menyebabkan zat kimia tertentu dilepaskan yang akan mengganggu pembuluh darah. Selain itu, sakit kepala terus menerus juga bisa disebabkan karena kurang istirahat, kurang tidur. Sakit kepala terus menerus juga bisa berhubungan dengan penyakit inflamasi atau peradangan, yaitu yang berhubunga dengan THT seperti sinusitis terutama hidung bagian atas, faringitis atau radang tenggorokan, radang telinga atau biasa disebut otitis. Lingkungan yang tidak sehat juga bisa menyebabkan sakit kepala terus menerus, seperti asap rokok, peggunaan obat nyamuk bakar yang berlebihan di ruang tertutup, apabila tidur di ruang yang sempit obat nyamuk bisa menyebabkan keracunan karbon dioksida.

Inilah artikel yang kita bahas pada kesempatan kali ini tentang sakit kepala bisa jadi gejala penyakit serius. Bila anda sering mengalami sakit kepala alangkah baiknya segera periksakan ke dokter untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan juga sebagai deteksi dini sebagai pencegahan terhadap penyakit yang timbul akibat sakit kepala.

Waspadai Sakit Kepala Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius | admin | 4.5